Minggu, 06 Desember 2020

Dollar Kuning; Cara Mengajukan Peninjauan Manual

Salah satu momen yang menjadi kebanggaan para youtuber yaitu ketika channelnya berhasil dimonetisasi dan muncul lambang dollar ($) di bawah kolom "Monetisasi" pada halaman videonya. Karena peluang untuk mendapatkan penghasilan dari jerih payahnya dalam membuat konten-konten video sudah di depan mata.

Namun dalam praktiknya, tidak semua video yang berlambang dollar tersebut menampilkan iklan dalam tayangan videonya. Hal ini bisa dilihat dari warna lambang dollarnya. Apabila lambang dollar berwarna hijau ($)  artinya video tersebut memenuhi seluruh ketentuan monetisasi dan akan tampil iklan dalam tayangan videonya. Inilah video yang berpotensi untuk menghasilkan uang.

Tapi apabila lambang dollarnya berwarna kuning ($) artinya mesin otomatis youtube menilai ada kebijakan monetisasi yang dilanggar atau tidak memenuhi persyaratan kelayakan pengiklan. Video dengan lambang dollar berwarna kuning disertai label "Kesesuaian Iklan" di bawah kolom "Pembatasan"nya. Bila diklik akan muncul dialogbox yang isinya antara lain memuat pernyataan "....karena kontennya terindikasi sebagai tidak sesuai untuk sebagian besar pengiklan".

Pada video seperti ini tidak akan tampil iklan ketika diputar atau ditayangkan dan bisa dipastikan tidak berpotensi mendapatkan penghasilan dari videonya. Sudah barang tentu kejadian seperti ini membuat sedikit panik terutama bagi youtuber yang channelnya baru dimonetisasi.

Namun tidak usah bingung apalagi panik, sebab dalam artkel ini penulis akan berbagi pengalaman cara mengatasinya sehingga video bisa berhasil dimonetisasi dengan warna lambang dollar berubah menjadi hijau yaitu dengan cara mengajukan "banding" atau "Peninjauan Manual".

Baik, agar tidak berele-tele langsung saja ikuti langkah-langkahnya dalam tayangan video berikut ini:




1. Setelah log in ke channel anda, klik "Kelola Video" di sebelah kanan lambang channel

2. Cari video yang lambang dollarnya berwarna kuning, arahkan kursor ke "Kesesuaian iklan" lalu klik "MINTA PENINJAUAN"

3. Pada jendela "Minta Peninjauan Manual" klik "Pedoman Konten yang Cocok untuk Pengiklan di YouTube" untuk memeriksa konten video tersebut sesuai dengan pedoman tersebut.

4. Setelah yakin konten video tersebut telah sesuai, klik kotak untuk mencentang lalu klik "Minta Peninjauan".

5. Tunggu beberapa hari untuk memastikan hasil peninjauannya, sampai mendapatkan email hasil peninjauan manual dari Youtube.

Demikian cara yang penulis lakukan  dan hasilnya, alhamdulillah semua video yang diajukan berhasil ditetapkan sebagai "Sesuai untuk Semua Pengiklan".

Semoga bermanfaat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar