Minggu, 13 September 2020

Dispenser Miyako WDP-300 Banjir; Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Dispenser Miyako WDP-300 dirancang khusus dengan struktur yang kuat dan pemasangan galon berada di bagian bawah karena dilengkapi alat pompa penyedot air sehingga memudahkan dalam pemasangan galon, bahkan bisa dilakukan oleh ibu-ibu sekalipun.

Posisi galon berada di bawah
Posisi galon air berada di bawah

Dispenser ini dilengkapi alat yang disebut modul PCB yaitu alat yang berpungsi mengkoordinir 2 unit sensor yang ada di galon air dan tangki penampungan air untuk mengatur pemindahan air dari galon air ke tangki penampungan air dalam unit dispenser. 

Kerusakan pada alat ini akan menyebakan terjadinya :

  1. air dari galon tidak tidak bisa ditransfer naik ke tangki penampungan
  2. air pada tangki penampungan meluap atau dispenser banjir


Air Dari Galon Tidak Naik Ke Penampungan

Naiknya air dari galon ke tangki penampungan melibatkan beberapa alat, yaitu unit pompa transfer, modul PCB, sensor panjang yang terdapat di galon air dan sensor pendek yang terdapat di tangki penampungan.

Kerusakan yang terjadi pada salah satu alat di atas akan menyebakan air dari galon tidak bisa naik ke tangki penampungan. Solusinya, pastikan alat mana yang rusak kemudian segera lakukan penggantian alat yang rusak tersebut.


Dispenser Banjir

Dispenser banjir di sini maksudnya terjadi genangan air di lantai sekitar dispenser berada. Hal ini terjadi karena air dari tangki penampung keluar dari tangki penampungan dan mengalir/menetes ke bawah kemudian keluar dari unit dispenser.

Kasus banjirnya dispenser seperti ini ada 3 kemungkinan penyebabnya:

  1. tangki penampungan air bocor atau rusak
  2. sensor dalam penampungan air rusak
  3. sensor dalam penampungan air tidak berpungsi

Apabila hasil pemeriksaan ternyata penyebabnya karena tangki penampungan air rusak/bocor atau karena sensor pendek dalam tangki penampungan rusak, maka solusinya adalah mengganti alat yang rusak tersebut.

Tetapi jika kedua alat tersebut tidak rusak kemungkinannya adalah karena pungsi sensor tenganggu. Inilah kasus yang terjadi pada tayangan video di bawah ini, yaitu karena sesuatu hal sehingga permukaan air di dalam tangki penampungan melebihi batas maksimun level air yang seharusnya yang meyebabkan tidak berpungsinya sensor dalam tangki penapungan sehingga ketika kran dibuka dan tombol power dalam posisi "on" air dari galon terus menerus naik ke tangki penampungan tidak bisa distop akibatnya air meluap tidak tertampung oleh tangki penampungan.

Cara untuk mengatasinya, matikan aliran litrik atau "off"kan tombol power kemudian buka kran air sampai air dalam tangki penampungan menjadi kosong. Setelah itu hidupkan kembali power-nya agar tangki peampungan terisi air kembali dan transfer air dari galon ke tangki penampungan akan otomatis berhenti saat air dalam tangki penampungan mencapai level maksimum.

Untuk lebih jelasnya, silakan simak video berikut ini.




Sekian.........Semoga bermanfaat...!!!

Tanggapan atau masukannya silakan tulisan dalam kolom komentar. Terima kasih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar