Kamis, 15 Oktober 2020

Cara Membuka File Word Yang Error/Tidak Bisa Dibuka

Pada saat-saat tertentu kita sangat membutuhkan file dokumen word yang sudah kita buat beberapa tahun silam dan tersimpan rapi di komputer. Tapi muncul rasa kecewa dan dongkol ketika mencoba membuka filenya ternyata tidak bisa dibuka dan muncul dialog box "error" seperti gambar di bawah ini.


Ketika kita pilih "Yes" akan muncul lagi dialog box seperti ini....


Kemudian saat diklik "open" akan muncul lagi dialog box seperti di bawah ini yang artinya sistem tidak bisa membuka file tersebut.


Lalu bagaimana caranya agar file yang kita maksud bisa dibuka. Silakan ikuti langkah-langkah berikut ini, tetapi sebelumnya klik dulu "OK" pada tampilan di atas untuk menutup dialog box dan kembali ke tempat penyimpanan file.


Langkah-langkahnya:

  1. Buka file yang dimaksud dengan cara "klik kanan" lalu pilih "Open With" > "Shearch The Microsoft Store"

2. Pilih "WPS Office Suite...." pada tampilan yang muncul, seperti di bawah ini...


3. Klik "Get"
 
4. Klik "Sign In"

5. Silakan masukan user name dan passwordnya jika sudah punya akun microsoft, jika tidak punya akun pilih keluar dengan klik tanda "X" di kanan atas.


6. Selanjutnya akan tampil halaman instal. Biarkan dan tunggu sampai proses download dan instal selesai.
7. Jika sudah selesai, klik "Launch" 

8. Klik "Open"


9. Pada menu pilih "Computer" lalu cari tempat penyimpanan file yang akan dibuka (file yang error tadi) kemudian klik "Open" dan pada jendela yang muncul klik "Open" lagi




10. File word yang tadi error sudah bisa dibuka. Selanjutnya file tersebut disimpan dengan memilih "Menu" > "Save As" > "Microsoft Word Document (*.docx)



11. Ketik nama file (dengan nama baru) lalu klik "Save". Pada dialog box yang muncul klik "OK" lalu pilih "Word" dan klik "OK"




12. Pada dialog box "File In Use" klik "OK" maka file yang tampil di layar sudah dengan nama file yang baru. Tapi file ini masih dalam format "Read Only". Oleh karena itu harus dilakukaan penyimpanan ulang dengan format yang bisa diedit, caranya klik "Save As" (di bagian atas file) lalu ketik nama baru kemudian klik "Save".

13. Selesai. File dengan nama yang terbaru sudah bisa dibuka langsung dengan doble klik.

Untuk lebih jelasnya, silakan simak langkah-langkahnya dalam tayangan video berikut....




Sekian. Selamat Mencoba......!!!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar