Minggu, 08 November 2020

Cara Menyelesaikan Soal Cerita

Dalam pelajaran IPA khususnya Fisika dan pelajaran Matematika dikenal model soal yang berbentuk cerita. Sementara dalam pembelajarannya siswa mendapatkan penjelasan materi berbentuk rumus-rumus atau persamaan-persamaan matematik dan rumus-rumus inilah yang kemudian mereka hapalkan.

Namun ketika berhadapan dengan soal yang berbentuk cerita, umumnya para siswa mengalami kesulitan untuk menelesaikannya terlebih jika ceritanya cukup panjang. Mereka terjebak pada alur cerita sehingga kebingunan menghubungkan antara masalah yang terkandung dalam cerita tersebut dengan rumus-rumus yang mereka hapalkan.

Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dibahas tips cara menyelesaikan soal cerita dengan mudah. Kata kuncinya adalah "FOKUS PADA BESARAN-BESARAN" yang ada dalam soal dengan cara melakukan langkah-langkah berikut ini.

  1. Ubahlah bentuk soal ke dalam format: Diketahui, Ditanyakan dan Jawab.
  2. Cari besaran-besaran yang ada dalam soal
  3. Ubahlah besaran-besaran tersebut ke dalam bentuk lambang, lalu tempatkan lambang-lambang besaran yang memiliki nilai ke dalam kelompok "Diketahui" dan lambang besaran yang tidak memiliki nilai ke dalam kelompok "Ditanyakan".
  4. Hubungkan antara lambang-lambang besaran yang diketahui dan yang ditanyakan menjadi sebuah persamaan matematik atau rumus dan meletakannya pada format "Jawab".
  5. Masukan nilai-nilai besaran yang diketahui ke dalam rumus tersebut.
Untuk lebih jelasnya, mari simak cara penerapannya dalam tayangan video berikut:


Mudah bukan...? Selamat mencoba...!

Silakan dishare video tersebut jika diperlukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar