Kamis, 10 September 2020

Cara Memperbaiki Kipas Angin SEKAI SFN 1809 Mati Total

Kipas angin Stand Fan 18" SEKAI SFN 1809 atau dikenal juga dengan sebutan SEKAI Tornado didesain ekslusif ini memiliki osilasi penuh sehingga kipas dapat menjangkau hembusan yang lebih luas dengan 3 tombol pengatur kecepatan. Harganyapun cukup terjangkau sehingga cukup banyak peminatnya.


Masalah yang sering terjadi pada kipas angin ini adalah mati total tidak berputar sama sekali. Tentunya ada beberapa faktor yang mungkin menjadi penyebabnya, antara lain:

  1. Konduktor atau kabel penghubung arus terputus
  2. Capasitornya mati atau rusak
  3. Dinamonya rusak atau terbakar
  4. Thermofuse protected-nya rusak

Pada kasus ini setelah dilakukan tindakan pengecekan pada kabel penghubung, capasitor dan dinamonya ternyata tidak ada masalah, maka dugaan penyebab mati totalnya kipas angin ini jatuh pada Thermofuse Protector.

Sebagaimana diketahui dalam spesifikasinya, kipas angin SEKAI Tornado SFN 1809 dilengkapi thermofuse protector yang berfungsi mendeteksi suhu pada dinamo sehingga kemungkinan terjadinya kebakaran pada dinamo dapat dihindari.


Karena fungsinya sebagai pendeteksi suhu dinamo maka letak thermofuse ini menempel pada badan dinamo, sehingga untuk menggantinya harus membongkar mesin kipas angin ini sampai ke dinamo. Untuk lebih jelasnya silakan simak video berikut.....





Semoga bermanfaat....!!!

Silakan di-share..!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar