Minggu, 20 September 2020

Cara Merubah Format Video MOV Ke MP4 Menggunakan PowerPoint

 Format video MOV atau QuickTime Movie adalah suatu format multimedia yang dikembangkan oleh perusahaan Apple Inc. File dengan ekstensi MOV bisa menyimpan audio, video dan teks dalam file yang sama melalui trek yang berbeda.

Sampai saat ini file MOV masih banyak digunakan pada video produksi broadcast sebagai standar format berkas multimedia lintas platform. Denmikian juga dengan perekam video pada perangkat iPhone menggunakan format MOV untuk memudahkan pengguna melakukan pengeditan atau merubah isi sesuai kebutuhan.

Namun demikian, tidak semua pemutar media, perangkat editor video dan layanan penyimpan file online mendukung format MOV. Sebagian diantaranya lebih memilih menggunakan format MP4. Oleh karena itu untuk dapat menggunakannya terlebih dahulu harus mengubah video dengan format MOV ke MP4.

Salah satu caranya sebagaimana yang pernah dilakukan penulis adalah menggunakan perangkat PowerPoint. Cara ini termasuk sangat mudah dan prosesnya cukup cepat.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi PowerPoint
  2. Klik "Blank Presentation"
  3. Klik "Insert" > "Video" pilih "Video on My PC"
  4. Cek video yang ditampilkan
  5. Klik "File" > "Export" > "Create a Video" > "Create Video"
  6. Pilih tempat penyimpanan dan ketik nama file
  7. Klik "Save"
  8. Tunggu sampai proses selesai.

Untuk lebih jelasnya, silakan tonton video berikut......


Selamat mencoba. Semoga bermanfaat....!

Silakan share dan ketik komentar, usul, saran atau koreksi.

2 komentar:

  1. Beberapa aplikasi editor video tidak supot file MOV sehingga harus diubah menjadi mp4. Terima kasih ilmunya,ternyata dengan powerpoint lebih mudah daan cepat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali sobat. Semoga bermanfaat.

      Hapus